Senin, 21 September 2015

Kanker Otak

Kanker Otak Dan Pengobatannya

 
Apa itu Kanker Otak?

Kanker otak umumnya dinamai sesuai dengan jaringan di mana mereka muncul. Mayoritas adalah glima yang timbul dari sel-sel glial dalam otak. Ini termasuk astrocytomas, oligodenrogliomas, ependymomas dan jenis sel campuran glioma. Bentuk-bentuk lain dari kanker otak adalah meningioma, meduloblastomas, chordomas dan limfoma sistem nervious pusat.
Kanker otak bisa tumbuh pesat (tingkat tinggi), seperti multiforme glioblastoma atau tumbuh perlahan (tingkat rendah), seperti astrocytoma pilocytic.
Kanker dari organ lain dapat menyebar ke otak dan disebut metastasis otak. Metastasis otak terdiri dari sel-sel kanker dari tempat asal kanker, seperti sel-sel kanker paru-paru dan sel-sel kanker payudara.

Seberapa umum Kanker Otak?
Ini bukan merupakan kanker umum di Singapura. Antara 1968 dan 1992 ada sekitar 580 kasus yang dilaporkan. Kebanyakan astrocytomas dan multiforme glioblastoma.

Usia Serangan
Bayi juga dilaporkan memiliki kanker otak. Namun, resiko meningkat setelah usia 35 tahun. Pada masa kanak-kanak, kanker otak primer dan sumsum tulang belakang adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker.
Penyebab Kanker otak
  • gelombang radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dan komputer yang dapat meningkatkan peranan dari sel kanker.
  •  penelitian telah menunjukkan bahwa terjadinya kanker otak berkaitan langsung dengan penggunaan obat – obatan pestisida, pelarut, pewarna dan formaldehida. Dan juga pada perempuan hamil, penggunaan alkohol atau pewarna rambut akan meningkatkan risiko anak-anak menderita neuroblastoma.
  • trauma maupun benturan juga terbukti dapat merangsang kanker otak, jaringan parut meningeal dapat memicu terciptanya tumor, tumor traumatis terjadi terutama atas dasar dura dan cedera arachnoid. Selain itu, cedera otak traumatis yang sudah ada akan mempercepat pertumbuhan tumor otak.
  • Radiasi : paparan radiasi adalah salah satu penyebab kanker otak.

Apa saja gejala kanker yang paling umum ?
  • sakit kepala : sakit kepala yang sering terasa pada pukul 04.00 – 05.00 pagi, sering terbangun karena rasa sakit, semakin lelap tidurnya semakin terasa sakitnya. Umumnya rasa sakit yang berkurang setelah bangun di pagi hari pukul 08.00 – 09.00.
  • muntah banyak : berbeda dengan muntah yang disebabkan oleh penyakit-penyakit pencernaan. Pada pasien kanker otak, muntah sering diawali dengan rasa penuh atau begah pada perut, mual, sakit perut atau diare. Dan muntah yang disebabkanpun tidak berkaitan dengan makanan yang dimakan, lebih disebabkan oleh rasa sakit kepala yang berkepanjangan serta terjadi muntah yang dahsyat. Muntah yang seperti ini disebabkan dari saraf medula oblongata yang mengalami peningkatan tekanan intrakranial utama.
  Selain itu, penderita kanker otak juga umumnya mengalami kejang-kejang, exophthalmos (salah satu bola mata yang menonjol), tuli sebelah, hemiplegia (lumpuh tubuh sebelah), ucapan yang tidak jelas, kesulitan membuka kelopak mata, diplopia (penglihatan berbayang) atau kesulitan menelan makanan, vertigo, gerakan yang tidak sempurna merupakan gejala yang paling sering dijumpai pada penderita kanker otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar