Senin, 21 September 2015

Kanker Kulit



Kanker Kulit Dan pengobatannya | Tanpa Operasi

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.
Faktor Penyebab
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker kulit. Antara lain disebabkan  banyaknya oksidan atau radikal bebas yang terhirup atau masuk dalam aliran darah. Begitu juga radiasi sinar radio aktif maupun ultraviolet dari sinar matahari yang mengenai kulit dalam waktu lama dan terus menerus juga dapat menyebabkan penyakit ini.
Karena itu saat keluar rumah, banyak orang yang melindungi kulit dengan krim anti sinar matahari. Namun sebaiknya hati-hati dalam menggunakan handbody ataupun krim anti sinar matahari yang terbuat dari bahan kimia karena dikhawatirkan justru dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.
Penyakit kulit umumnya berawal dari tahi lalat ataupun adanya benjolan di kulit yang berwarna hitam atau gelap. Benjolan ini oleh kalangan medis dikategorikan dalam tiga jenis, yaitu tumor jinak, tumor prakanker, dan tumor ganas.
Apabila tahi lalat mengalami perubahan, baik bentuk, warna, ataupun terasa gatal, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.
Dalam pandangan terapi holistik, penyebab kanker adalah sama, yaitu karena banyaknya zat-zat oksidan dalam tubuh. Tetapi kanker kulit bisa juga disebabkan oleh adanya pancaran sinar radio aktif, sinar ultra violet, secara langsung tanpa penghalang (pengaman).
Karena letaknya di kulit, kanker kulit lebih mudah dikenali dan lebih mudah ditangani. Walaupun begitu, penderita kanker kulit tetap harus berhati-hati karena bisa saja terjadi metastasis (penyebaran) ke organ-organ yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar