Kamis, 14 Juni 2012

PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang maha kuasa, yang telah menciptakan alam ini melalui rahasia Nur hamba-Nya, Muhammad, dan selalu melimpahkan karunia-Nya kepada seluruh hamba-hamba-Nya. Selawat beriring salam juga kita haturkan keharibaan junjungan alam baginda Nabi besar Muhamad Saw, yang banyak memberikan petunjuk kepada para umatnya didalam kehidupan ini, baik petunjuk itu berkaitan dengan masalah-masalah rahasia penciptaan alam maupun masalah yang berkaitan dengan pemberdayaan alam.

Berkaitan dengan masalah yang menyangkut  penciptaan alam, sebenarnya Allah dan Rasul-Nya, banyak memberitahukan kepada kita, baik melalui Al qur’an maupun hadist Rasulullah, bahwa rahasia  penciptaan alam ini, bersumber dari sebuah pancaran Nur (cahaya), yang dikenal dengan Nur Muhammad. Dari Nur Muhammad itu pula terciptalah alam ini, berikut segala isinya, terutama tumbuh-tumbuhan. Penciptaan tumbuh-tumbuhan ini, khususnya tumbuhan rumput, terkadang terkesan ada yang bersifat mengganggu bagi manusia, terutama bagi petani. Tetapi dengan sifatnya yang mengganggu itu, tumbuhan rumput   juga masih memiliki khasiat yang sangat potensial bagi manusia. Walau terkadang manusia, belum banyak yang mengetahuinya.

Memang disatu sisi, tumbuhan rumput bisa saja dianggap mengganggu bagi kehidupan manusia, tetapi disisi lain tumbuhan rumput justru dapat membatu manusia, khususnya dibidang kesehatan, jika manusia mampu membuka tabir dan rahasia pancara Nur Muhammad yang terdapat pada tumbuhan rumput itu.  Namun dengan ketidak mampuan manusia memamfaatkan tumbuhan rumput itu sebagai suatu hal yang sangat berguna, maka manusia memandang tumbuhan rumput sebagai tumbuhan pengganggu, yang tidak berguna sama sekali.

Penciptaan alam ini sebenarnya tidaklah sia-sia, pasti mempunyai hikmah dan kegunaannya masing-masing dan yang pasti menjadi rahmat bagi sekalian alam, Apalagi jika manusia mampu memamfaatkan tumbuhan rumput itu sebagai obat untuk kesehatan manusia, pasti manusia akan berusaha untuk mencari jalan bagaimana memamfaatkan tumbuhan itu agar bisa dijadikan sebagi obat, yang bersifat tradisional, karena ikhtiar untuk menjaga kesehatan adalah merupakan suatu kewajiban. Saat ini banyak diantara manusia yang menganggap bahwa menjaga kesehatan itu adalah kewajiban seorang dokter, sehingga mereka malas berikhtiar untuk memamfaatkan alam sebagai modal kesuksesan dan kesembuhan. Anggapan seperti itu sebenarnya salah, karena menjaga kesehatan adalah kewajiban kita sendiri.

Nah, untuk upaya dan usaha menjaga kesehatan tersebut, manusia dapat memamfaatkan alam ini, khususnyan tumbuhan rumput, sebagai obat, dengan tata cara yang akan kami jelaskan pada bab selanjutnya, setelah banyak diantara manusia yang merasa kecewa berobat dengan sistem pengobatan modren. Tumbuhan rumput, disamping sebagai tumbuhan yang berkhasiat obat, penggunaannyapun memiliki kelebihan, diantaranya mudah diperoleh dan tidak banyak menimbulkan efek samping bagi kesehatan, tetapi keyakinanlah sebagai modal utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar